Thursday 20 June 2019

UNIVERSAL STUDIO; SINGAPORE VS. JAPAN?

Pict by google
Udah gak asing dong dengan gambar di atas? Pasti kalian pernah liat di instagram teman kalian, facebook, atau mungkin pernah kesana untuk foto-foto. Nggak sedikit orang yang kesana hanya untuk foto di logo tersebut. Sangat disayangkan, karena di dalam nya banyak yang lebih bagus daripada logo tersebut. Kalo kalian pecinta film, mungkin tempat ini adalah salah satu tempat impian untuk dikunjungi, bagi orang Indonesia yang suka banget sama film-film Universal seperti Despicable Me, Jurassic Park, Jaws, dll minimal sekali seumur hidup harus banget kesini. Universal Studio emang gak ada di Indonesia, tapi di Asia ada dua negara yang memiliki Universal Studio yaitu Singapur (USS) dan Jepang (USJ). Apa beda nya sih? Dan lebih bagus yang mana?


Kalo ditanya lebih bagus yang mana, gak perlu mikir aku pasti akan pilih Jepang. Tapi masih ada beberapa faktor yang bisa dipertimbangkan kok untuk pilih Singapur atau Jepang.


1. Ongkos
Seperti yang udah kita tau, kalo Singapur adalah negara tetangga kita. Apalagi bagi kalian yang tinggal di pulau Sumatera, kalo diliat dari peta, kayaknya cuma beberapa centimeter aja jarak dari pulau Sumatera ke Singapur. Beda dengan Jepang yang lumayan jauh dari Indonesia. Untuk ke Jepang dengan menggunakan pesawat, kita bisa memakan waktu kurang lebih 7 jam. Sedangkan untuk ke Singapur dari Jakarta, kita hanya memakan waktu kurang lebih 2 jam. Sudah bisa dibayangkan dong ongkos pesawat ke Jepang akan jauh lebih mahal daripada ke Singapur. Untuk masalah ongkos Singapur pemenangnya.

2. Harga Tiket
Harga tiket masuk Universal Studio Singapur dan Jepang berbeda. Untuk USS harga tiket masuk mulai dari IDR 780.000, sedangkan harga tiket masuk USJ mulai dari IDR 975.000. Memang gak terlalu jauh sih untuk selisih harga tiketnya, tapi USJ masih lebih mahal daripada USS kan. Harga tiket pun USS masih jadi pemenang nya.

3. Theme Park
Walaupun aku gak ukur luas pasti dari USS dan USJ, aku bisa ambil kesimpulan kalau USJ jauh lebih luas daripada USS. Salah satu kelebihan USJ adalah mereka punya The Wizarding World of Harry Potter. Betul banget, kalo kalian ke USJ kalian akan merasakan rasa nya berada di Hogsmeade dan Hogwarts, ditambah lagi wahana 4DX Harry Potter yang super duper keren. Ini beberapa foto The Wizarding World of Harry Potter yang akan bikin kalian seperti memasuki dunia Harry Potter




























Suprisingly the cold butter beer is super good! ;D
Yap Harry Potter menurutku menjadi salah satu kelebihan dari USJ disamping wahana lain yang juga gak kalah bagus seperti The Flying Dinosaur di Jurassic Park, The Spiderman 4D, Jaws, Minions, dll yang USS gak punya. Sebenarnya USS pun memiliki Jurassic Park tapi tema wahana nya berbeda dengan USJ, dan lagi-lagi menurutku masih jauh lebih berkesan wahana di USJ. USS memang gak seluas USJ, tapi masih banyak juga tempat-tempat yang instagramable seperti the broadway, Mel's Drive in, Shrek Castle. Ini beberapa foto ku saat di USS























Ada beberapa wahana USS yang wajib banget untuk dicoba seperti Transformers (wahana ini mirip dengan wahana The Spiderman di USJ), Jurassic Park Rapid Adventure, Revenge of The Mummy (my favorite), dan masih banyak lagi. Wahana-wahana di USS dan USJ is totaly different, jadi kalo kalian udah pernah ke salah satu nya, gak perlu khawatir bakalan boring, karena wahana mereka tidak ada yang sama. Tapi berkesan atau tidak nya, menurutku USJ jauh lebih berkesan daripada USS. Jika dilihat dari luas masing-masing wahana, pemandangan, experience, dan keramahan petugas, USJ pemenang nya.

Jujur aja, selama di USS aku agak kurang suka karena petugas disana judes-judes dan gak ramah sama sekali. Beda dengan USJ yg petugasnya ramah, selalu senyum dan kadang juga mereka basa-basi ajak kita ngobrol seakan kita beneran ada di dunia film. Ada satu lagi kekurangan USS, yaitu jam operasional. Jam 5 sore mereka sudah tutup dan bener-bener tutup semua tempat seperti tempat souvenir. Padahal saat siang hari kita gak mungkin kan belanja souvenir dan bawa-bawa saat kita menaiki wahana. Berbeda dengan USJ, saat theme park ditutup mereka tidak menutup tempat penjualan souvenir yang kita pasti beli di akhir kegiatan kita seharian. 

Jadi gimana menurut kalian? udah bisa ambil keputusan dong harus kemana. Kalo budget kalian gak terlalu banyak, kalian boleh juga ke USS. Tapi kalo kalian punya budget lebih, lebih baik kalian ke USJ untuk mendapatkan exeperience yang jauh lebih bagus dan berkesan. 


Love,

No comments:

Post a Comment